Thursday, December 4, 2008

Biografi Barack Obama

Barrack Hussein Obama, Jr itulah nama dari seorang presiden Amerika ke-44 dan merupakan presiden pertama Amerika berkulit hitam. Lahir di Honolulu, Hawai pada 4 Agustus 1961. Ayahnya bernama Barrack Obama, Sr. dan ibunya bernama Ann Dunham. Kedua orang tuanya bercerai ketika dia masih berumur 2 tahun. Kemudian ibunya menikah Lolo Soetoro, seorang warga Indonesia. Dan mereka tinggal di Jakarta selama 4 tahun. Barrack Obama pindah ke Hawaii dan tinggal dengan orang tua ibunya Madelyn dan Stanley Dunham. Dia kemudian didaftarkan di Punahou Academy.

Tahun 1983, dia mendapatkan gelar politiknya setelah mentransfer studinya dari Occidental College ke Columbia University di New York. Masuk ke Harvard Law School dan mendapat nilai caumlaude pada tahun 1991. Setelah lulus ia menjadi pengacara dan mengajar hukum. Obama mencalonkan diri menjadi senat di Illionis dan tahun 1996 terpilih.

Sebagai seorang senator berbagai hal dilakukannya mulai dari kepentingan sosial sampai politik termasuk menentang keputusan George W. Bush melakukan invasi besar-besaran ke Irak. Karirnya terus menanjak dan sampai pada puncaknya ketika dia mengumumkan pencalonan dirinya menuju kursi kepresidenan Amerika Serikat. Di sini dia bersaing ketat dengan mantan ibu Negara yaitu Hillary Rodham Clinton. Akhirnya, dia dinominasikan sebagai kandidat presiden mewakili partai Demokrat. Dan bersaing dengan John McCain.

Kampanye melawan kandidat Partai Republik, John McCain, jelas bukan hal yang mudah baginya. McCain pahlawan AS, seorang veteran perang dari keturunan pembesar Angkatan laut AS (ayah dan kakek McCain adalah admiral), pernah mendekam dipenjara Vietkong dan menerima siksaan komunis Vietnam selama lima tahun. Obama yang relatif jauh lebih muda (47 tahun, Mc Cain 72 tahun) dan minim pengalaman politik dimana McCain menjadi anggota konggres AS sejak 26 tahun lalu. Namun sekali lagi Barack Obama berhasil melalui tantangan didepannya.

Obama mengakhiri kampanyenya selama 22 bulan, dan ahkirnya Barack Obama telah dipilih semua warga negara Amerika Serikat sebagai presiden ke -44 dan seorang presiden yang pertama kulit hitam dalam sejarah Amerika. Dunia telah menunggu kepemimpinan dari seorang Barack Obama, mampukah dia mengubah atau memberi perubahan besar yang saat ini dihadapi dunia, baik pada krisis global dan perang yang masih berkelanjutan. Kita tunggu aja.

No comments:

Post a Comment

Please leave your comment

Bookmark and Share