Thursday, December 4, 2008

Petunjuk Merawat Baterai Notebook

Saat ini notebook sudah begitu popular bagi masyarakat. Semakin banyak merk-merk notebook dengan harga yang begitu rendah bagi sebuah notebook dengan fitur yang lengkap. Namun dari situ muncul pertanyaan dari konsumen, dan yang paling banyak dipertanyakan mengenai bateray notebook. Saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai bateray notebook berdasarkan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para pengguna notebook.

1.Berapa lama bateray bertahan?
2.Cara memperpanjang bateray?
3.Apa bateray harus dilepas ketika terhubung ke listrik?

Dari pertanyaan tersebut, saya mencoba untuk menjelaskannya :

1.Berapa lama bateray bertahan?

Bateray notebook sebenarnya akan bertahan selama 300-800 kali siklus charge/recharge. Dan umurnya dimulai pada saat dirakit dan lambat laun battery tersebut tidak akan mampu mensuplai power yang cukup untuk notebook Anda. Dan secara bertahap akan berkurang kemampuannya untuk mensuplai daya ke notebook.
Secara umum, battery notebook akan bertahan antara satu hingga tiga tahun. Anda mungkin bisa memperlambat penurunan kemampuannya, tapi tidak bisa menghentikan prosesnya. Suhu baterai, cara dan frekuensi pemakaian notebook akan mempengaruhi panjang pendeknya usia baterai. Anda bisa memperlambat proses ini dengan beberapa petunjuk pemeliharaan.
Bateray notebook ketika berada pada suhu yang rendah itu bisa memperlambat proses discharge dan suhu yang tinggi akan memperpendek usia baterai.. Membiarkan baterai Anda terpasang ketika terhubung dengan power listrik akan menyebabkan suhu didalam baterai meningkat. Melepas dan menyimpan baterai pada suhu dingin akan memperlambat proses penuaan. Membiarkan notebook pada lingkungan yang panas juga tidak baik untuk baterai.
Baterai notebook di rancang untuk dapat diguanakan sekitar 300-800 kali siklus charge/discharge dan ketika notebook terhubung ke notebook dengan baterai terpasang sudah termasuk dalam siklus ini. Pada saat baterai sudah mengisi 95% tidak akan terisi lagi. Melepaskan baterai dan menyimpannya dalam tempat yang kering dan dingin akan melindungi beberapa siklus.

2.Cara Memperpanjang Baterai?

a.Pemakaian hingga habis tidak baik untuk baterai Li-Ion. Sebaiknya lakukan pengisian ulang ketika sudah mencapai level 10-20%.
b.Baterai digunakan sampai habis sebelum dicharge lagi, setiap 30 kali pengisian untuk menjaga akurasi elemen didalam baterai.
c.Hindari pengulangan “Pakai habis” yang teratur. Baterai Li-Ion lebih sedikit kehilangan kapasitas penyimpanan ketika dicharge sekalipun belum habis pakai.
d.Sebaiknya baterai ketika dilepas disimpan ditempat yang dingin dan kering. Bila anda akan melepas baterai dalam waktu yang lama sebaiknya level pengisian optimum adalah 40%, karena jika dayanya rendah akan menimbulkan kerusakan permanen. Dan saya perlu ingatkan bagi anda yang akan membeli notebook baru, baterainya sudah terisi sekitar seperempat hingga setengah.
e.Beberapa ahli menyarankan untuk menyimpannya di lemari es. Jangan masukkan kedalam freezer hingga menjadi beku. Gunakan kantong plastik yang tertutup rapat untuk menghindari kelembaban. Biarkan baterai menghangat pada suhu ruangan sebelum dipakai atau mau mengisi lagi.

3.Apa bateray harus dilepas ketika terhubung ke listrik?

Dalam kasus ini, saya hanya akan memberikan pertimbangan :

a.Melepas baterai ketika terhubung dengan power listrik :
Keuntungannya :
Melindungi siklus isi ulang
Membiarkan baterai pada suhu rendah, sehingga memperlambat proses penuaan
Kerugiannya :
Kehilangan fungsi backup dari baterai ketika power listrik mati
Data bisa hilang atau bahkan rusak jika tanpa fungsi backup power dari baterai
Perlu UPS (uninterruptible power supply) untuk menggantikan fungsi backup


b.Membiarkan baterai terhubung dengan power listrik :

Keuntungannya :
Baterai berfungsi sebagai cadangan jika listrik tiba-tiba mati.
Lebih mudah dan efisien untuk dibawa
Baterai tidak perlu waktu penghangatan (seperti jika disimpan dilemari es)
Kerugiannya :
Kehilangan sebagian siklus isi ulang
Suhu baterai meningkat dan mengakibatkan lebih cepat menurun kemampuannya

Semoga penjelasan yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi pengguna notebook. Silahkan jika ada yang ingin menambahkan atau bertanya.Saya akan tambahkan artikel ini sesuai dengan masukan yang Anda berikan.

No comments:

Post a Comment

Please leave your comment

Bookmark and Share